makalah tentang tumbuhan paku

Senin, 27 Agustus 20120 komentar



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat allah swt berkat rahmat dan karunianya, akhirnya kami dapat memenuhi tugas makalah dari guru kami yaitu Ibu Sufiati Azizah S.Pd yang berjudul “PENELITIAN TUMBUHAN PAKU”
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Yang mana beliau telah memberikan rahmad kepada kita semua, karena brkat rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan sempurna.
Kami tentu menyadari bahwa di dalam makalah ini, pasti banyak kekurangan dan kekeliruan. Kepada guru mata pelajaran indonesia, kami mohon maaf apabila ada kata-kata yang keliru. Kritik dan saran dari pembaca kami butuhkan demi kasempurnaan makalah ini, kami harap, semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.AMIEN......

Pamekasan,17,Januari,2011

DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I : PENDAHULUAN
A .latar belakang
B .rumusan masalah
C .tujuan
BAB II : ISI
A .pengertian tumbuhan paku
B .struktur tumbuhan paku
C .daur hidup tumbuhan paku
D .manfaat tumbuhan paku bagi manusia
BAB III : PENUTUP
A .kesimpulan
B .saran
Daftar pustaka


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
tumbuhan paku adalah merupakan salah satu kelompok  tumbuhan yang tertua yang masih dapat di jumpai di daratan diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus tertua yang menghuni daratan bumi. Tumbuhan berkormus adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang, dan daun yang sebenarnya. Artinya, batang akar dan daunnya sudah memiliki pembuluh angkut xilem dan floem.
Alasan kami memilih materi  tentang tumbuhan paku, karena kami ingin memberi informasi kepada para pembaca bahwa sebenarnya tumbuhan paku juga memberi manfaat kepada manusia.
B .Rumusan Masalah
1.apa pengertian tumbuhan paku?
2.apa saja struktur tumbuhan paku?
3. seperti apa tumbuhan paku?
4.apa manfaat yang diperoleh pada tumbuhan paku?
C .Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca, agar mereka mengetahui apa manfaat, bagaimana proses dari tumbuhan paku tersebut dan pentingnya tumbuhan paku bagi manusia.


BAB II
ISI
A.Pengertian Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku sudah dapat di bedakan antara akar, batang, dan daun sehingga tumbuhan paku adalah tumbuhan yang lebih tinggi perkembangannya bila di bandingkan dengan dengan tumbuhan lumut. Daur hidup tumbuhan paku memperlihatkan pergiliran keturunan tetapi berbeda dengan tumbuhan lumut. Generasi yang menonjol adalah sporofitnya. Sporofit merupakan tumbuhan pakunya yang memiliki sistem pembuluh angkut yaitu xilem dan floemyang gametofitnya merupakan akar talus yang disebut protalium.
Tumbuhan paku adalah merupakan salah satu salah satu kelompok tumbuhan yang tertua yang masih dapat di jumpai di daratan. Diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus tertua yang menghuni daratan bumi. Tumbuhan berkormus adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang dan daun yang sebenarnya, artinya batang akar dan daunnya sudah memiliki pembuluh angkut. Daun tumbuhan paku pada umumnya merupakan daun majemuk. Pada permukaan sebelah bawah daun tumbuhan paku dewasa umumnya terdapat bercak berbentuk bulat/memanjang berwarna karat.yaitu sporangium dan disebut sorus(sekelompok kotak suara)
B.Struktur Tumbuhan Paku
Pernahkah kaliian mendengar istilah tumbuhan paku? Mungkin istilah tumbuhan paku tidak umum dalam masyarakat. Masyarakat lebih mengenaltumbuhan pakis misalnya suplir,adiantum,dan tanduk rusa. Tumbuhan pakis adalah tumbuhan paku. Salah satu ciri tumbuhan paku adalah saat masih tunas daunnya menggulung.
Pada paku tertentu, ukuran daun tidak sama, ada daun kecil (mikrofil)dan daun besar (makrofil). Pada mikrofil tidak terdapat tangkai daun dan tulang daun. Daun tumbuhan paku ada yang khusus menghasilkan spora dan di sebut sporofil, dan ada yang tidak menghasilkan spora di sebut tropofil. Tropofil hanya berfungsi untuk fotosintesis. Pada adantium(pakis)dan suplir tidak ada daun yang berfungsi khusus.


Akar, batang,dan daun tumbuhan paku memiliki berkas pengangkut xilem dan floem. Xiliem atau pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara dari tanah kedaun. Sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
Struktur dan fungsi tumbuhan paku:
1. memiliki berkas pembuluh xilem dan floem:untuk jarigan pengangkut
2.batang tinggal di dalm tanah(rizom)
3.daun majemuk menyirip penghasil spora dan untuk fotosintesis.
4.spora dihasilkan oleh kotak spora (sporangium)
C.Daur Hidup Tumbuhan Paku
tumbuhan paku bereproduksi secara vegetatif dengan rizom. Rizom tumbuh menjalar kesemua arah dan membentuk koloni-koloni tumbuhan paku.
Tumbuhan  paku mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis dengan dua generasi yaitu : generasi sporofit dan generasi gametofit.
a. generasi sporofit
generasi sporofit atau tumbuhan penghasil spora adalah tumbuhan paku itu sendiri. Jadi , tumbuhan paku yang kita lihat itu merupakan tumbuhan dalam fase sporofit . sporofit paku berumur lebih lama dibandingkan gametofit. Sporofit dapat tumbuh, bertunas sehingga jumlahnya bertambah banyak. Ini merupakan reproduksi secara Aseksual.
b. generasi gametofit
generasi gametofit atau tumbuhan penghasil gamet adalah tumbuhan yang dikenal dengan nama protalium. Protalium yang berbentuk talus itu berukuran kira-kira 1-2 cm. Bentuknya seperti daun waru, biasanya tumbuh di permukaan lembab lainnya. Berbeda dengan tumbuhan lumut, gametofit paku hanya berumur beberapa minggu.
D. Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Manusia
a. tumbuhan paku yang hidup pada zaman karbon telah memfosil, fosil tersebut berupa batu bara yang dapat dijadikan bahan bakar
b.sebagai tanaman hias, seperti suplir , paku sarang burung, dan paku tanduk rusayang bentuknya seperti tanduk rusa dan sering ditanam dengan ditempelkan pada pohon. Selain itu ada spesies lain yaitu nephro lepis, merupakan pakis yang sering  ditanam dikebun-kebun.
c. berguna untuk obat-obatan, misalnya dyoptoris filix-mas, lycopodium clavatum.


BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Tumbuhan paku merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang tertua yang masih dapat dijumpai didaratan. Diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan ber cormus tertua yang menghuni daratan bumi, yang manfaatnya sebagai tanaman hias , sebgai obat-obatan, sebagai sayuran, dan berguna sebagai pupuk hijau dan da yang digunakan untuk tempat menanam anggrek yaitu paku tiang (alsophilla glauca)
B. Saran
Kita sebagai makhluk sosial banyak-bnyaklah mengetahui suatu tumbuhan yang tumbuhan kita anggap umum. Karena di balik tumbuhan tersebut banyak manfaatnya bagi manusia.
Jadi jangan meremehkan tumbuh-tumbuhan yang kita anggapumum, karena semua itu pasti banyak manfaatnya.


DAFTAR PUSTAKA
-Fauzi,ahmad.1998.lingkar tahun lingkar air.jember:prima harta
-nur,aliefah.2002.karya ilmiah remaja.bandung:adi cita
-sufyan, hd.2007.penelitian air. Malang:balai pustaka
-sofi, cholifah.2008.penelitian tanaman hias. Jakarta:gramedia
-latifah,nurul.2005.seribu manfaat jeruk.medan:rosda karya

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANDY HIMPUNAN MAKALAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger